Photo

Kemtan Terus Dorong Produksi Kedelai Nasional

by Superadmin

Untuk mencapai swasembada pangan, Kementerian Pertanian (Kemtan) terus mendorong upaya tersebut. Untuk tanaman pangan kedelai, Kemtan terus melakukan upaya perluasan area tanam melalui metode tumpang sari dan penerapan di area sentra produksi kedelai di Grobogan, Jawa Tengah. Namun yang kini menjadi tantangan adalah harus memastikan petani terus melakukan upaya tanam kedelai tersebut.

Metode tumpang sari ini memiliki peluang besar untuk meningkatkan jumlah produksi kedelai. Dengan menerapkan metode tersebut, petani di dorong menanam dengan kombinasi padi-jagung, padi-kedelai, jagung-kedelai. Hal tersebut karena jika komoditas sedang unggul maka petani terus melanjutkan tanam dengan tidak meninggalkan tanaman pangan lainnya.

Selama ini bantuan kedelai, selain ke dinas Kabupaten, Kemtan pun meminta untuk ada lahan baru dan saat ini tengah fokus ke Grobogan,  ada sekitar 100 ribu Ha yang menjadi sentra kedelai. Agar hal tersebut bisa terealisasi, Kemtan mengeluarkan bantuan pupuk, benih hingga alat mesin pertanian. Pada tahun 2018 ini Kemtan sudah menyediakan benih kedelai di alokasikan sebanyak 27.300 ton untuk lahan seluas 546.000 ha.

Target pemerintah untuk kedelai adalah mampu swasembada di tahun 2020 dengan jumlah produksi yang mencapai 2.5 juta ton.

Related Articles