Photo

OJK Siap Blokir Rekening Fintech Ilegal

by Superadmin

Sejalan dengan perkembangan dunia teknologi digital hal ini berimbas juga terhadap inovasi keuangan digital yang kini semakin meluas di kalangan masyarakat. Untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat, Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan bersinergi dengan perbankan untuk melakukan pemblokiran rekening perusahaan fintech yang menjalankan usahanya secara ilegal.

Saat ini OJK masih dalam tahap perencanaan dan masih akan terus mendalami dari berbagai aspek. Selain itu, OJK terus mengembangkan laporan dari masyarakat terkait keberadaan fintech ilegal. Hal tersebut untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan mencegah terjadinya kerugian.

Satgas Waspada Investasi akan mengambil tindakan tegas bagi penyelenggara layanan pinjam meminjam berbasis online yang tidak memiliki izin dari OJK. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen.

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) sangat mengapresiasi langka yang di ambil oleh OJK ini, hal tersebut karena dengan adanya pemblokiran rekening tersebut bisa membatasi transaksi fintech ilegal. Dengan memblokir tersebut bisa memutus mata rantai fintech ilegal sampai ke akarnya. Namun kuncinya ada dalam perbankan. Mereka menyalurkan pinjaman melalui rekening bank, jika rekeningnya di blokir tentu fintech tidak bisa bekerja.

Asosiasi sangat menyayangkan masih ada masyarakat yang tergiur dan menggunakan platform ilegal yang tentu bisa merugikan masyarakat namun juga merugikan industri keuangan berbasis digital secara keseluruhan.

Dengan adanya platform ilegal ini bisa menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap industri ini. oleh sebab itu, OJK nantinya akan melakukan tindakan tegas dengan memblokir rekening fintech ilegal.

Related Articles