Photo

Menurut OJK Sistem Keuangan RI Masih Sehat

by Wida Yodik

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan pendapatnya bahwa stabilitas sistem keuangan RI masih dalam kondisi yang normal sehat. Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang terjadi pada kuartal III tahun 2017. Sistem keuangan RI masih mengalami pertumbuhan yang terus membaik.

Imansyah, Deputi Komisioner Pengaturan dan Pengawasan Terintegrasi OJK menjelaskan bahwa, intermediasi dalam Lembaga Jasa Keuangan (LJK) juga masih dalam level yang sehat. Dengan kredit perbankan nasional yang tercatat mengalami pertumbuhan sekitar 8,18% YoY (Year-of-Year / tahun ke tahun) pada bulan Oktober 2017 lebih baik dibandingkan pada bulan September 2017 yang hanya membukukan pertumbuhan 7,86%.

Dia mengatakan, pertumbuhan tersebut masih sejalan dengan kondisi sektor riil serta konsolidasi kredit perbankan. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa sistem keuangan RI masih dalam taraf normal dan sehat.

Selain itu, Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan tercatat 11,95%, lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya 11,69%, kemudian utang pembaiayaan tercatat 8,15% juga lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya 8,63%. Dari sisi tersebut tercatat semua penurunan pada hal yang bisa mempengaruhi pelemahan ekonomi Indonesia.

Kemudian peningkatan terjadi di pasar modal, dari dana yang dihimpun pada bulan sebelumnya sekitar Rp. 163 triliun, menjadi Rp. 197 triliun pada bulan September 2017.

Kemudian dari sisi permodalan, CAR (Capital Adequacy Ratio) perbankan bisa membukukan pertumbuhan beberapa persen, dari 23,25% pada bulan sebelumnya, menjadi 23,54% pada bulan September. Lalu, Modal Perusahaan Pembiayaan membukukan 2,98%, RBC (Risk Based Capital) asuransi umum membukukan 294% dan asuransi jiwa membukukan 487%.

Hampir keseluruhan aspek masih mengalami pertumbuhan, meskipun pertumbuhannya sangat tipis. Menurut Irmansyah, kinerja LJK masih terbilang normal-normal saja dan kedepannya kinerja LJK juga akan membaik dengan porsi pendanaan yang terus semakin meningkat.

Related Articles