Photo

Desakan AEI : Industri Pasar Modal Indonesia Membutuhkan Induk

by Wida Yodik

AEI (Asosiasi Emiten Indonesia) berharap kedepan akan ada kementrian khusus yang menaungi seluruh Industri Pasar Modal yang berada di Indonesia. Apalagi, Industri Pasar Modal Indonesia merupakan faktor penting dalam menunjang pertumbuhan perekonomian nasional.  AEI berharap dengan dukungan khusus dari pemerintah, Industri pasar modal Indonesia menjadi lebih maksimal dan dapat digunakan sebagai pendorong inti pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Fanciscus Welirang, Ketua Umum AEI juga mengungkapkan bahwa : kebutuhan kementrian teknis yang menaungi Industri Pasar Modal sangat mendesak saat ini. Apalagi menurutnya OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang saat ini menjadi naungan Industri pasar Modal dinilai belum sepenuhnya menjadi perwakilan dari pemerintah. Welirang menambahkan : OJK sangat berbeda dengan Bapepam-LK (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan) karena Bapepam-LK langsung menjadi badan dibawah Kemenkeu (Kementrian Keuangan) secara langsung.

Welirang kembali menambahkan dengan nada sedikit kecewa bahwa : pasar modal yang dinilai penting seharusnya dinaungi oleh kementrian teknis yang resmi dari perwakilan pemerintah. Sejak Bapepam-LK dihapus, kementrian tekniks yang menaungi Industri Pasar Modal semakin tidak jelas. Kondisi ini seperti saat “ayam yang kehilangan induknya” tambahnya.

Industri Pasar Modal sedang membutuhkan badan regulasi hukum khusus agar para pelaku pasar bisa lebih yakin dengan terjaminnya keamanan dalam kegiatan pasar permodalan di Indonesia. Sampai saat ini Industri Pasar Modal hanya mendapatkan nauangan dari OJK (non-pemerintah) dan hanya Industri pasar modal saja selama 3,5 tahun terakhir yang tidak memiliki kementrian khusus.

Welirang juga meyakinkan bahwa : Industri Pasar Modal merupakan aspek yang  penting dalam aktivitas perekonomian Indonesia. Apalagi pasar modal juga dapat difungsikan sebagai sarana perusahaan untuk mendapatkan investasi / dana untuk pengembangan usaha mereka.

Related Articles