Photo

Trend Bullish Rupiah Bakal Berlanjut Secara Terbatas

by Wida Yodik

Setelah penguatan dua hari pada akhir pekan lalu (02 – 03 Nov), hari ini (06 Nov) nilai tukar Rupiah mengalami koreksi, melemah ke level Rp. 13.537 /USD pada pagi ini.

Menurut Lana Soelistianingsih, Salah Satu Ekonom Samuel Aset Manajemen mengatakan bahwa kemungkinan besar hari ini Rupiah berpeluang menguat secara terbatas akibat data pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga tahun 2017 yang akan di rilis BPS hari ini. Menurutnya hasil positif pada data pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga tahun 2017 sudah diprediksi oleh para pelaku pasar, sehingga sentimen pasar tidak akan terlalu terkejut dengan hasil tersebut. Namun, efek positif masih bisa dirasakan oleh mata uang garuda ini.

Sedangkan menurut Andri Hardianto, Salah satu analis Asia Tradepoint Futures mengatakan, minimnya faktor / sentimen eksternal dari luar negeri dapat membuat kurs rupiah melanjutkan tren bullishnya hari ini. Sentimen eksternal yang dapat mempengaruhi Rupiah hari ini adalah perkembangan kebijakan perpajakan yang akan diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat. Namun, efek sentimen tersebut tidak akan terlalu signifikan dibandingkan sentimen internal pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga tahun 2017, yang akan dirilis hari ini. Dia menambahkan bahwa “Peluang penguatan rupiah hari ini cukup terbuka, melihat proyeksi positif pada pertumbuhan ekonomi yang sudah di prediksikan oleh para pelaku pasar”.

Selain itu, pelemahan greenback / indeks dollar diiringi rilis data tenaga kerja AS yang kurang dari perkiraan akan tetap mendukung penguatan Rupiah. Kondisi fundamental didalam negeri yang masih terukur dan dapat dipertahankan juga akan menjadi pendorong kuat dalam penguatan Rupiah. Dia memprediksikan Rupiah akan menguat pada kisaran harga Rp. 13.440 – Rp. 13.520 /USD pada hari ini.

Related Articles

Warning: mysql_fetch_assoc() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/mchange/public_html/__template/body/main_read_content.php on line 120