Photo

BI- Kebutuhan Uang Elektronik Bisa Mencapai 3 Juta

by Superadmin

Bank Indonesia (BI) memperkirakan jumlah kebutuhan kartu uang elektronik (e-money) bisa mencapai 3 juta kartu. Hal tersebut sejalan dengan mulai diberlakukannya sistem pembayaran nontunai diseluruh gerbang tol di Indonesia pada 31 Oktober 2017.

Saat ini jumlah kartu e-money yang sudah beredar mencapai 1.5 juta kartu. Diperkirakan akan mengalami peningkatan dua kali lipat ketika seluruh gerbang tol di Indonesia sudah menerapkan sistem nontunai. Kebutuhan kartu nantinya bisa mencapai 3 juta kartu, sebab pengguna e-money akan mengalami peningkatan.

Untuk masalah layanan isi ulang (top up), BI nantinya akan mendorong perbankan untuk memberikan kemudahan terhadap layanan ini. diharapkan nantinya semua perbankan bisa memberikan layanan  top up mobile banking-nya.

Saat ini sudah ada beberapa bank yang bisa menyediakan fasilitas top up uang elektronik melalui banking mobile. Nantinya ini diharapkan bisa diikuti juga oleh bank bank lain sehingga bisa bisa memenuhi kebutuhan nasabah dalam menggunakan e-money etrutama untuk pengguna jalan tol.

BI menyampaikan, nantinya seluruh Bank akan terlibat dalam  sistem pembayaran ini untuk secara intensif melakukan sosialisasi terkait top up uang elektronik. Diharapkan perbankan juga bisa menyampaikan secara rinci soal biaya, risiko, dan manfaat dari kartu e-money tersebut.

Related Articles