Photo

AGII Segera Terbitkan Rp1T Obligasi dan Sukuk Ijarah

by Wida Yodik

Melalui skema Penawaran Umum Berkelanjutan I (PUB I), PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) akan menerbitkan obligasi serta sukuk ijarah dengan target masing-masing Rp500 miliar dengan jumlah Rp1 triliun. Rachmat Harsono selaku Wakil Direktur Utama AGII mengatakan bahwa obligasi serta sukuk ijarah akan diterbitkan bertahap dengan tempo 2 tahun.

Dalam tahap pertama, nilai obligasi ditawarkan Rp100 miliar sementara sukuk ijarah sebesar Rp300 miliar. "Perolehan dana digunakan untuk refinancing sejumlah kewajiban kami yang telah jatuh tempo, yang dapat berdampak positif terhadap kinerja perseroan pada masa mendatang," terang Rachmat melalui rilisnya di Jakarta, hari Minggu (30/4/2017).

Rachmat menjelaskan, AGII memiliki utang jatuh tempo sebanyak Rp200 miliar di 18 Desember 2017. Maka dana obligasi keseluruhan digunakan perseroan guna refinancing Obligasi Aneka Gas Industri II untuk Tahun 2012. "Sementara dana sukuk ijarah dipakai seluruhnya buat refinancing sukuk ijarah Aneka Gas Industri II 2012 sebesar Rp190 miliar serta sejumlah kewajiban perseroan pada beberapa kreditur," lanjutnya.

AGII mendapuk PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas serta PT Sucor Sekuritas selaku penjamin emisi. Obligasi serta sukuk ijarah ini mendapat peringkat A-(idn) dari PT Fitch Ratings Indonesia.

AGII mencatatkan penjualan Rp1,65 triliun di 2016 atau naik 15,75% daripada periode sebelumnya Rp1,42 triliun. Hal ini didukung peningkatan penjualan produk gas 13,87% yang menjadi Rp1,49 triliun yang didapat dari peningkatan volume sebanyak 17,27%.

Related Articles