Photo

Pasar Saham Lesu Jelang Liburan

by Wida Yodik

Menjelang liburan panjang pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan ditutup terkoreksi. Seperti yang dikutip dari data Bursa Efek Indonesia (BEI), mencatat IHSG terkoreksi 21 poin (0,38 persen) ke level 5.685.

Di lain sisi, untuk indeks LQ45 mengalami penurunan 5,3 poin (0,56 persen) ke posisi 940, untuk Jakarta Islamic Index (JII) juga tercatat ada pelemahan sebanyak 6 poin atau 0,81 persen ke level 738, sementara untuk indeks IDX30 ada penurunan 1,7 poin (0,34 persen) ke level 513.

Sektor yang jadi pemicu pelemahan IHSG pada hari ini diketahui datang dari sektor konsumsi serta tambang yang melorot paling dalam yaitu 1 persen lebih. Sementara  pada sektor perkebunan hanya sanggup menguat sebanyak 1,1 persen saja.

Akan tetapi, Reza Priyambada, analis PT Binaartha Sekuritas beranggapan bahwa pelemahan yang terjadi pada hari ini adalah sebagai imbas dari pelemahan yang terjadi pada hari sebelumnya. "Kondisi sentimen yang ada ataupun dari laju beberapa indeks global tak sanggup memberikan kondisi kondusif untuk IHSG, maka menjadi sangat rentan untuk terjadinya pelemahan ini," bebernya di Jakarta, hari Jumat, 28 April 2017.

Lebih jauh, Reza masih berharap akan adanya potensi kenaikan. Bagaimanapun juga, apabila sentimen yang ada masih belum cukup positif untuk IHSG, akan sangat sulit untuk terjadi pembalikan arah di sesi selanjutnya.