Photo

China Akan Kuasai Investasi RI

by Wida Yodik

Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Thomas Trikasih Lembong menyebut bahwa tren investasi China saat ini masih memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap investasi di Indonesia. Berdasar penilaiannya, investasi China merupakan investasi dengan angka pertumbuhan yang tercatat paling tinggi di Indonesia.

"Saya tekankan, bahwa saat ini RRT sudah jadi ekonomi terbesar urutan kedua dunia sekaligus jadi nomor satu untuk kawasan Asia. Jadi, ini sangatlah wajar apabila dia (investasi China) akan jadi investasi nomor satu (untuk indonesia)," ujar dia dari kantornya, Rabu (26/4/2017).

Tidak hanya di Indonesia saja, investasi dari negeri tirai bambu (julukan China) ini juga dapat dilihat di banyak negara tetangga Indonesia dimana trennya juga terus meningkat sampai beberapa tahun mendatang. "Kita cenderung ketinggalan dibanding negara tetangga. Tapi trennya sudah jelas, bahwa investasi RRT meningkat," lanjutnya.

Selain dari China, ia mengatakan investasi Amerika Serikat juga cukup besar. Ia merangkum bahwa AS selalu jadi top 7 yang sekaligus menggambarkan seperti apa pentingnya hubungan ekonomi yang telah terjadin diantara AS dan Indonesia.

"Seperti yang kita lihat pada kunjungan Wapres (AS) Pence minggu yang lalu, ini bukan lantaran kuantitas investasi. etTapi juga kualitas investasinya yang tinggi, cenderung teknologi tinggi, dengan merek-merek canggih serta jaringan internasional dimana itu sangat penting bagi kita," lanjutnya.

Related Articles