Photo

Lagi, IHSG Pecahkan Rekor

by Wida Yodik

Hari ini, Rabu (26/4/2017), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lagi-lagi memecahkan rekor. Terlihat IHSG berjaya 45,7 poin atau naik 0,81% mencapai level 5.726. Muhammad Al Fatih, Analis Samuel Sekuritas mengatakan ada banyak faktor penopang IHSG hari ini.

Dari segi dalam negeri terbantu oleh sentimen neraca perdagangan nasional positif serta jalannya Pilkada DKI Jakarta dengan aman sekaligus mengembalikan kepercayaan diri kalangan penggiat pasar. "Terakhir itu kan data perdagangan kita memang bagus. Lalu Pilkada DKI juga selesai dalam proses yang damai. Lalu sosok yang terpilih juga bukan orang yang baru dikenal oleh para investor," katanya ketika dihubungi media.

Catatan neraca perdagangan RI di bulan Maret 2017 meraih surplus senilai US$ 1,23 miliar. Pada bulan sebelumnya, Februari 2017 sempat juga terekam surplus mencapai US$ 1,26 miliar. "Faktor langsungnya dari laporan keuangan para emiten yang bagus. Sedangkan faktor yang kuat dari perdagangan ekonomi yang semakin membaik," jelasnya.

Faktor lain yang juga cukup mendukung adalah dari sisi global. Dapat dilihat dari semakin meredanya ketegangan Korea Utara dengan Amerika Serikat sampai perekonomian Cina yang semakin membaik. "Kenaikan pekan ini turut ditopang dari masuknya dana asing yang cukup besar," sambungnya lagi. Dalam perdagangan hari ini, tercatat investor asing lakukan aksi beli net buy yang tercatat senilai Rp 1,9 triliun.

Related Articles