Photo

Pemerintahan Trump Terancam Tutup, Bagaimana Ekonomi AS?

by Wida Yodik

Buntunya kesepakatan anggaran jadi penyebab pemerintahan Amerika Serikat tak dapat berjalan semestinya. Hanya hitungan hari saja, pemerintahan Negeri Paman Sam yang dipimpin oleh Donald Trump terancam tutup karena saat ini pihak Kongres AS masih belum bisa sepakat soal anggaran pemerintahan 29 April-30 September 2017.

Lalu apa yang membuat Kongres tak kunjung menyetujui anggaran itu? Ternyata gara-gara Presiden Donald Trump mendadak menodong tambahan dan untuk bidang militer serta proyek tembok perbatasan AS-Meksiko yang mencapai US$ 22 miliar. Bila sampai 28 April 2017 kesepakatan diantara Kongres dengan Pemerintah AS tak tercapai, pemerintahan Trump pun harus ditutup hingga ada anggaran yang dapat dianut.

CNBC menulis pada Selasa (25/4/2017), belajar dari pengalaman, pasar saham AS lah yang bisa kena imbasnya. Namun, biasanya penutupan pemerintahan ini tidak memakan waktu yang terlalu lama. Sehingga efeknya terhadap perekonomian AS dalam jangka panjang nyaris tidak akan terasa. Umumnya hanya sedikit pengaruh untuk jangka pendek lantaran terhentinya kegiatan ekonomi PNS juga layanan publik dalam beberapa hari.

Wall Street akan mendapat tekanan jual bila penutupan pemerintahan ini terjadi, seperti pada pada Oktober 2013 silam. Kala itu, Partai Republik menolak pengajuan tambahan anggaran atas Obamacare sehingga tak ada persetujuan anggaran negara pada akhir 2013. Dikarenakan hal ini, pemerintahan pun terpaksa tutup 16 hari lamanya.

Related Articles