Photo

Ragukan Kesepakatan OPEC, Harga Minyak Terus Turun

by Wida Yodik

Harga minyak turun nyaris 1 persen meneruskan penurunannya sejak pekan lalu. Hal ini dipicu masih belum adanya info mengenai berlanjut atau tidaknya kesepakatan OPEC terkait pengurangan produksi hingga akhir 2017.

Reuters pada Selasa (25/4/2017) memuat bahwa harga minyak Brent menyudahi sesi dengan penurunan 36 sen atau ke US$ 51,60 per barel pasca berada di level tertinggi US$ 52,57 per barel. Minyak West Texas Intermediate (WTI) juga turun 39 sen ke US$ 49,23 per barel yang sebelumnya mencapai US$ 50,22 per barel.

Pejabat Rusia mengatakan negaranya bisa saja menaikkan produksi hingga ke tingkat tertinggi dalam 30 tahun terakhir apabila negara anggota OPEC dan non-OPEC tak melanjutkan kesepakatan pengurangan pasokan tersebut. "Perpanjangan itu sangat mungkin terjadi sebab konsensus OPEC dukungan atas kebijakan itu semakin menguat, tetapi pasar sepertinya mengaitkan penurunan pekan lalu lantaran tak ada kesepakatan yang kuat," ujar Tim Evans Ahli Energi Citi Futures.

Ia menambahkan bahwa penurunan ini lebih mengacu pada berlebihnya optimisme sebelumnya ditambah sikap spekulatif, daripada skenario lain.

Sebagian harga minyak turun sekitar 7 persen di pekan lalu dipicu oleh pertanda meningkatnya produksi AS yang berpengaruh terhadap kesepakatan OPEC. Kalangan pedagang serta pialang mencatat pasar minyak mentah melemah walau sempat terjadi rally selama masa pemilihan di Prancis, dimana dolar AS tercatat lebih rendah. 

Related Articles