Photo

Minyak Meroket Menanggapi Aksi Pengeboman Rudal AS Ke Suriah

by Wida Yodik

Pergerakan pada harga minyak dunia kini langsung naik tinggi berada di hari Jumat ini. Ditengarai kenaikan pada harga minyak ini disebabkan karena serangan Amerika Serikat ke wilayan Suriah yang menargetkan di kawasan pangkalan udara militer Suriah. Dengan menanggapi gejolak tersebut minyak langsung melesat lebih dari $1.

Donald Trump, Presiden AS yang menyebutkan bahwa dirinya telah perintahkan kepada militernya untuk menyerangkan misil ke pangkalan udara Suriah, dimana itu menjadi serangan balasan atas tindakan rezim Bashar al-Assad yang menyerbut rakyat sipil dengan serangan gas beracunnya.

Harga minyak yang langsung meroket ke tingkat kisaran $52.90, tingkat tertinggi semenjak awal bulan Maret dari tingkat pembukaannya di %51.60. Bentuk aksi serangan ini membuat premi resiko Timur Tengah meningkat bersamaan dengan aset aman seperti Yen dan Emas.

Dalam aksi tersebut angkatan laut AS menembakkan lusinan rudalnya ke pangkalan udara milik militer Suriah, yang di akui menjadi pangkalan pasukan Assad. Pentagon telah menyebutkan bahwa pihaknya mengkonfirmasi Rusia sebelum melakukan serangan tersebut, agar tidak mengenai bagian dari militer Rusia yang berada di sana.

Related Articles