Photo

Indonesia Perlu Waspadai Efek Domino Brexit

by Superadmin

Inggris telah resmi mengumumkan telah keluar dari kawasan uni eropa, pasca putusan Brexit Refrendum inggris yang menyebutkan ada 52% yang memilih inggris untuk hengkang dari uni eropa. Hal ini berimbas terhadap perekonomian secara global. Pada sebelumnya, Sebelum brexit di putusakan, hal ini sudah banyak menarik para pelaku pasar, sehingga berimbas terhadap ekonomi global. Saat ini setelah inggris keluar dari uni eropa, sedkit ada dampak untuk perekonomian indonesia lanjutan baik di pasar keuangan maupun kegiatan perdagangan dan investasi. namun saat ini ekonomi indonesia masih stabil, namun yang perlu di waspadai adalah efek lanjutan dari Brexit.

Ekonomi indonesia saat ini masih dalam kondisi aman, karena Inflasi masih sangat rendah selain itu defisiti masih mampu di kendalikan dan nilai tukar rupiah relatif stabil usai referendum Inggris. Pasca refrendum inggris, sejumlah mata uang di Eropa mengalami pelemahan, namun rupiah masih stabil. Pasar saham indonesia juga masih dalam kondisi stabil. Yang perlu di waspadai adalah efek lanjutan dari Brexit itu sendiri. dampak brexit untuk indonesia akan berimbas kedalam Ekpsor indonesia, saat ini pasar ekpsor indonesia ke inggris hanya sekitar 1.0% dari total smeua ekspor indonesia. saat ini yang perlu di wasdapai adalah, hubungan perdagangan antara inggris dengan sejumlah negara di uni eropa,

Saat ini pasar ekspor indonesia di eropa sekitar 11.4% Sebagian besar ekspor Indonesia ke Eropa adalah bahan baku dan mentah. Pasca inggris keluar dari uni eropa, tentu ini menjadi sorotan kembali. Setelah refrendum inggris, yang menjadi kekhawatiran pelaku pasar adalah, adanya negara di uni eropa yang akan mengikuti jejak inggris untuk keluar dari kawasan uni eropa.

Related Articles