Photo

2016, Industri Reksadana Tumbuh Positif

by Superadmin

Saat ini pertumbuhan industri reksadana sudah berkembang pesat. Terhitung dari tahun sebelumnya. Industri reksadana sudah mengalami pertumbuhan yang signifikan bisa terlihat dari dana kelolaan reksadana yang mengalami peningkatan. Saat ini Otoritas jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan data pertumbuhan dari reksadana yang di bilang sangat baik untuk tahun 2016 ini, hal tersebut juga bisa di lihat dari nilai Aktiva bersih yang di kelola reksadana. Terhitung sampai bulan Mei, dana Aktiva bersih reksadana sudah mencapai 303,6 triliun nilai ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya dengan periode yang sama yaitu sekitar 11.8 % tahun sebelumnya hanya sekitar Rp 271,9 triliun.

Hasil ini sangat membaik karena terlihat industri reksadana mengalami peningkatan yang sangat signifikan untuk di tahun 2016. Selain dana kelolaan, unit penyertaan pada tahun 2016 mengalami kenaikan yang signifikan yaitu sebesar ‎206,13 miliar berbeda jauh dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 185,5 miliar. Produk reksadana pada tahun ini pun mengalami kenaikan sekitar 1.193. Produk reksa dana dan pada tahun 2015 hanya sekitar 1.091. walapun demikian, saat ini OJK terus akan memperbaiki kinerja dari industri reksadana. Karena ojk mencatat produk reksadana yang tercatat hanya mencapai 102 dengan total dana kelolaan Rp 8,9 triliun.

Selain itu, industri reksadana syariah memiliki 102 reksadana dengan jumlah dana kelolaan mencapai jumlah 8.9 Triliun. Reksadana syariah masih sedkit memberikan peningkatan. Karena masih sedkiti investor yang melakukan investasi di reksadana syariah. Oleh sebab itu ojk saat ini tengah gencar untuk melakukan sosialisasi terhadap produk reksadana syariah karena reksadana syariah saat ini masih berada di bawah 5.%. di harapkan reksadana syariah bisa terbawa tren positif dari reksadana konvesional dengan hasil membaik pada tahun 2016 ini

Related Articles