Photo

Rupiah masih belum berikan perlawan usai Pernyataan Janet Yellen

by Superadmin

Saat ini, laju nilai tukar rupiah terhadap dolar as semakin tertekan. Pada pembukaan perdagangan di awal pekan, nilai tukar rupiah masih belum mampu bangkit terhadap dolar As. Rupiah sempat menumbus 13.650 per dolar AS. Melemahya nilai tukar rupiah akibat faktor ekonomi secara nasional maupun secara global. Permintaan dolar yang semakin tinggi di indonesia merupakan faktor domestik pertama yang membuat rupiah semakin tertekan. hal ini karena karen permintaan dolar yang tinggi di pengaruhi oleh korporasi yang membayarkan utang sampai pembayaran dividen pada Juni.

Selain itu pernyataan Janet Yellen semakin memperburuk nilai tukar rupiah terhadap dollar. Usai pernyataannya yang dilontarkan, membuat dolar As semakin menguat. Karena pelaku pasar akan terus mencermati dan memberikan spekulasi terhadap kenaikan suku bunga As pada bulan juni. Sehingga membuat rupiah semakin terpuruk lebih dari sepekan.

Janet Yallen memberikan pidato, bahwa kenaikan suku bunga akan tetap di lakukan jika ekonomi As membaik dan laporan data ekonomi as yang terus membaik, dengan begitu the fed akan menaikan suku bunganya. Saat ini nilai tukar rupiah masih berada di 13.646 per dolar AS. Rupiah sempat dibuka ke level 13.627 pada perdagangan awal pekan ini. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kini bergerak di kisaran 13.578-13.653

 

Related Articles