Photo

Kenali Apa Saja Resiko Dalam Reksadana

by Superadmin

Setiap orang dalam berinvestasi tentu mengharapkan keuntungan. banyak investor yang tergiur dengan investasi hingga melupakan resiko yang akan di hadapi dalam investasi. begitu juga dengan reksadana. Investasi reksadana memiliki resiko reksa dana juga memiliki risiko. Besarnya risiko pada reksa dana, bergantung dari jenis reksa dana. Banyak orang yang tergiur dengan investasi reksadana tanpa melihat resiko dalam investasi reksadana.

Investasi reksadana merupakan investasi di pasar modal yang memberikan return besar. namun masih banyak orang yang mengabaikan resiko yang terjadi dalam investasi ini. dalam investasi reksadana setiap resiko berbeda tergantung dari pilihan reksadana itu sendiri karena ada berbagai jenis reksadana. Berikut adalah jenis investasi reksadana.

Jenis Investasi Reksadana

  • Reksadana Campuran
    Reksadana ini merupakan jenis reksadana yang akan menginvestasikan portofolio pada saham, obligasi dan pasar uang Biasanya proporsi dari saham dan obligasi lebih mendominasi reksa dana ini. keuntungan yang di dapat dari reksadana ini sama dengan jenis reksadana lainnya, reksadana campuran memungkinkan investor untuk mendapatkan keuntungan cukup tinggi apabila diinvestasikan dalam jangka panjang. Risiko yang dimiliki oleh reksadana campuran tidak sama dengan reksadana saham karena ada instrumen obligasi pada portofolionya yang pergerakannya tidak sefluktuatif saham.
     
  • Reksadana Saham
    Reksadana saham adalah jenis reksadana yang mempunyari resiko yang paling besar dari jenis reksadana lainnya. karena investor yang berinvestasi reksadana ini 80% reksadana yang di miliki akan di alokasikan dalam saham. Keuntungan yang di dapat pun lebih tinggi dari reksadana lainnya, namun resiko kerugian pun cukup besar untuk jenis reksadana ini. Investasi pada reksa dana saham disarankan hanya untuk investor agresif, yakni investor yang dapat menerima risiko tinggi,
     
  • ReksaDana Pasar Uang
    Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang seluruhnya dialokasikan pada instrumen pasar uang. yang di maksud dalam pasar uang di sini adalah bunga deposito ataupun obligasi. keuntungan reksadana pasar uang relatif kecil karena ditempatkan pada instrumen pasar uang yang memberikan return yang pasti. Tingkat resiko pun terbilang cukup kecil.
     
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap
    Reksa dana pendapatan tetap merupakan jenis reksa dana yang mengalokasikan minimum 80 persen dari portofolionya pada obligasi. Keuntungan yang di dapat dari investasi ini masih besar jika dibandingpan dengan reksadana pasar uang, resikopun lumayan besar di banding reksadana pendapatan tetap.

 

Related Articles