Photo

Indonesia Masih Kekurangan Aktuaris

by Superadmin

Semakin tingginya minat masyarakat untuk melakukan asuransi, ternyata masih tidak di imbangi oleh Aktuaris di industri Asuransi. saat ini sektor asuransi sudah sangat berkembang namun Aktuaris masih sangat minim. Sehingga ini menjadi PR tambahan untuk segera menambah Aktuaris di Asuransi untuk bisa mengelola Resiko dalam dunia Asuransi.

Berdasarkan data dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), terhitung dari tahun lalu jumlah aktuaris di Indonesia baru menyampai 399 dari total semua yang berstatus Fellow Ataupun Assosiate. Tentu jumlah ini masih sangat sedikit dan berbanding terbalik dengan kebutuhan asuranasi yang pesat saat ini.

Sebagai Gambaran, dalam asuransi umum sekurangnya memerlukan sekitar 170 orang ahli aktuaris dengan 255 ajun aktuaris dan untuk asuranasi jiwa membutuhkan 204 ahli aktuaris dan 306 ajun aktuaris. Jumlah yang tersedia saat ini masih belum mampu untuk memenuhi kebutuhan aktuaris di sektor asuransi di indonesia.

Melihat hal ini, Otoritas jasa keuangan (OJK) menyebutkan, untuk perusahaan yang bergerak di bidang asuransi setidaknya memiliki 1 aktuaris dan kewajiban 1 aktuaris untuk satu asuransi akan diberlakukan pada tahun 2017 mendatang.

Related Articles