Photo

Bank Dengan Bunga Deposito Tinggi Akan Di Pangkas

by Superadmin

Tingkat Likuiditas yang masih lesu terhadap transaksi penyaluran kartu kredit. Telah ada wacana dari Bank Besar untuk memangkas kembali suku bunga deposito. saat ini untuk bank besar masih menerapkan suku bunga deposito yang masih tinggi. untuk bisa menggairahkan sektor perbankan indonesia, LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) menyarankan agar suku bunga deposito bisa mengikuti suku bunga acuan dari Bank Indonesia.

Bank memiliki kesempatan untuk bisa memotong kembali bunga deposito. pada kuartal kedua telah terjadi pemangkasan bunga deposito sebesar 25-30 Bps. Saat ini tingkat bunga deposito dinilai masih sangat tinggi sehingga menjadi kelesuan perbankan indonesia, untuk bunga deposito berjangka 1, 3, 6 dan 12 bulan masih tercatat sebesar 7,06%, 7,75%, 8,31%, dan 8,19%. Sehingga ini memicu rendah nya tingkat likuiditas.

Pemangkasan suku bunga deposito dinilai sudah sangat tepat. Ditengah ekonomi makro yang cendrung stabil. Penurunan suku bunga deposito harus di imbangi dengan Suku bunga BI yaitu Seven Days Reverse Repo Rate yang tetap berada di 5.50%.

Untuk bank dengan skala besar masih sangat mungkin untuk bisa melakukan pemangkasan suku bunga, namun untuk bank dengan skala kecil masih sangat kecil, mengingat tingkat likuiditas untuk bank kecil masih sangat ketat.

Related Articles