Photo

Saham Komoditas Picu Pelemahan Bursa Saham Asia

by Superadmin

Pembukaan awal perdagangan, Bursa Asia cendrung akan mengalami tekanan. Pada perdagangan Sesi Asia, tertekannya harga minyak yang mendorong komoditas di bursa Asia semakin terperosok sehingga menyeret bursa saham Asia lainnya yang ikut melemah.

Pada pembukaan perdagangan Indeks MSCI Asia Pasifik turun sekitar 0,2%. Hal ini akibat adanya penekanan dari sektor saham energi dan juga bahan material yang mengalami penurunan sekitar 0,8%. Indeks saham jepang masih stabil dan berada pada zona aman, indeks Topix saham jepang naik sekitar 0,3%, kenaikan saham jepang akibat adanya dorongan dari Yen yang sudah membaik.

Saat ini harga minyak dunia kembali melemah, akibat adanya kebakaran besar di Kanada sehingga mendorong sektor energi tambang hingga masuk kedalam zona merah. Harga minyak dunia berada di bawah level US$ 44 per barel. Selain itu bursa asia pun di pengaruhi oleh rilisnya data ekspor impor china yang mengalami penurunan. Namun di prediksi pelemahan bursa asia tidak akan berlangsung lama.