Photo

Suku Bunga LPS Masih tinggi Ini yang Dikeluhkan BPR

by Superadmin

BI (Bank Indonesia) sudah menurunkan suku bunga acuan (BI Rate), namun penurunan yang di lakukan BI justru membuat Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menjadi khawatir. Karena walupun BI Rate memangkas suku bunga acuan tapi suku bunga Penjamin masih sangat tinggi. menurunnya suku bunga acuan tidak terlalu berpengaruh terhadap BPR namun suku bunga penjamin yang berlaku saat ini masih terbilang cukup tinggi tentu ini bisa membebani biaya BPR.

BI Rate turun menjadi 6,75% diharapkan bisa mendongkrak kredit dari masing-masing bank. Namun yang menjadi permasalahan iasalah masih banyak bank yang belum mau menurunkan suku bunga nya. Karena beban biaya bunga dari dana pihak ketiga (DPK) masih tinggi.

Angka suku bunga dari LPS saat ini masih berada di kisaran 10% dan tergolong lebih tinggi dibanding dengan BI Rate yang telah ditetapkan. Sementara itu BPR harus tetap mengikuti kebijakan yang dikeluarkan oleh BI, namun ini yang menjadi kekhawatiran karena beban yang di tanggung oleh BPR masih besar.

BPR berharap kepada pemerintah melalui LPS agar menurunkan suku bunga simpanan menjadi lebih kecil agar beban biaya yang ditanggung BPR tidak begitu besar.

 

Related Articles