Photo

Fungsi Dasar Valuta Asing

by Superadmin

Valuta Asing memiliki peran di suatu negara, Valuta Asing merupakan alat pembayaran internasional, valuta asing juga berperan sebagai Pengendali Kurs Di Setiap Negara. Peranan Valuta bi berbagai negara sangat vital terutama untuk melakukan hubungan dagang atau perdagangan internasional. Valuta asing merupakan suatu mekanisme di mana orang dapat mentransfer daya beli antarnegara. Hal tersebut karena perdagangan antar negara yang mengharuskan untuk memerlukan mata uang asing agar transaksi bisa berjalan secara lancar.

Fungsi Valuta Asing

  • Sebagai alat pembayaran Internasional

Valuta asing merupakan alat pembayaran internasional jika sebuah Negara memiliki hutang dengan negara lain, maka bisa membayarnya dengan Valuta Asing.

  • Sebagai Transfer Daya beli

Dalam melakukan perdagangan internasional, tentu peran valuta asing sangat mendukung dalam kelancaran bertransaksi. karena pada dasarnya untuk menjual atau membeli sebuah barang di luar negeri kita harus menggunakan mata uang yang berlaku di tempat tinggal atau negara suatu pihak.

  • Mengurangi Resiko Valas

Importir menghindari kemungkinan resiko yang tidak diperkirakan seperti perubahan kurs saat transaksi dengan adanya valuta asing di harapkan bisa meredam dampak buruk yang terjadi.

 

 

 

Related Articles