Photo

Rupiah Masih Bertengger Di Zona Hijau

by Superadmin

Nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS terlihat masih menguat dan berada pada zona hijau pada perdagangan awal pekan ini. Pada pembukaan perdagangan, Rupiah menguat signifikan 0,49 persen atau 64,50 poin ke level Rp 12.993 dari posisi penutupan perdagangan kemarin Rp 13.074 per USD.  Kinerja rupiah dinilai sangat positif di tengah laju Euro pasca ECB memangkas suku bunga ke level negatif. Selain itu Yuan sempat mengalami penurunan setelah merespon penurunan data makroekonominya.

Sentimen positif tersebut sangat menguntungkan Laju Rupiah terhadap dolar. Dan juga di imbangi oleh menaiknya harga dari berbagai komoditas seperti Emas, minyak mentah dan juga berbagai jenis komoditas lainnya. Selain itu output minyak tetap berada pada level terendah sejak November 2014. Dari dalam negeri. Sementara itu pertumbuhan Retails Sales mengalami peningkatan dari 11,4% menjadi 12,5%. Hal tersebut ikut berkontribusi terhadap meningkatnya laju rupiah. Dengan begitu diharapkan akan terjadi Rebund sehingga laju rupiah bisa bergerak positif.

Kondisi tersebut bisa dimanfaatkan untuk rupiah dapat menguat. Menjelang akhir perdagangan. Dengan begitu sudah tidak diperlukannya pengurangan suku bunga menyusul para pembuat kebijakan memangkas suku bunga acuan ke Nol. Yang membuat Euro bisa kembali naik.

 

 

 

 

Related Articles