Photo

Stabilitas Harga Pangan Masih Normal, Inflasi Di Prediksi Akan Rendah

by Superadmin

Banyak yang memperkirakan deflasi atau pun inflasi diprediksi besarannya masih berada di kisaran titik rendah, menurut Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual, memprediksi indonesia akan mengecap Deflasi 0,11%. Prediksi tersebut mempertimbangkan data dari pergerakan Harga pangan. Deflasi di dorong oleh stabilitas harga pangan karena sempat terjadi lonjakan harga pangan pada bulan januari lalu.

Penurunan harga pangan tentunya di dorong oleh penyesuaian harga bahan bakar minyak dan juga penguatan nilai tukar rupiah. Di sisi lain menurut Kepala Ekonom Bank Internasional Indonesia (BII) Juniman memprediksi akan terjadi inflasi sekita 0,05%. Inflasi ini dipicu juga oleh penurunan harga pangan seperti, bawang merah, cabai, minyak goreng, dan telur ayam dan di bantu juga oleh turunnya harga BBM dan Tarif Listrik.

Tren penurunan inflasi di dasari oleh beberapa hal seperti, harga komoditas yang anjlok termasuk harga minyak dunia sehingga menyebabkan deflasi di hampir seluruh negara di dunia. Dan juga berkurangnya daya beli masyarakat yang terjadi akibat anjloknya harga komoditas.

Related Articles