Photo

Faktor Yang Membuat Perusahaan Asing Keluar Dari Indonesia

by Superadmin

Pada tahun 2016 ini, banyak kita mendengar perusahaan perusahaan yang memilih hengkang dari indonesia bahkan perusahaan besar sekalipun. Banyak faktor yang membuat perusahaan asing keluar dari indonesia salah satunya adalah persaingan usaha yang semakin ketat. Seperti Toshiba yang memilih hengkang dari indonesia karena  merk toshiba kalah dengan Samsung, sementara dari dunia otomotif Merk Mobil Ford yang kalah saing dengan merk jepang seperti honda atau toyota.

Selain itu masih ada beberapa faktor laing yang mempengaruhi mereka kalah bersaing seperti makin tingginya ongkos produksi, di zaman Globalisasi seperti sekarang ini, Global Suplly Chain hampir sangat tidak mungkin dalam memproduksi suatu barang yang tidak membutuhkan Bahan Baku Impor. Bahan impor untuk produksi nasional sangat tinggi sehingga membuat indonesia masih bergantung kedalam produk impor.

Di lain sisi menurunnya daya beli masyarakat di akibatkan oleh melambatnya perekonomian nasional dan juga faktor kepercayaan konsumen sedang menurun. Sehingga membuat masyarakat lebih menyimpan uangnya dibandingkan dengan harus di belanjakan. Hal ini tentu harus sudah menjadi lampu kuning untuk pemerintah, bagaimana tidak perusahaan besar pun memilih keluar dari zona perdagangan indonesia. Tentu hal ini akan berimbas kedalam perekonomian nasional, Karena jika tidak, bukan tidak mungkin perusahaan-perusahaan lain akan ikut menyusul untuk hengkang dari indonesia

Related Articles