Photo

NTT Optimistis Target Investasi Rp2 Triliun Tercapai

by Superadmin

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) optimistis target investasi 2015 sebesar Rp2 triliun bisa tercapai. Berbagai macam upaya akan dilakukan agar target tersebut bisa terlaksana dengan baik.

"Realisasi investasi sampai September ini mencapai Rp1,6 triliun. Kami optimistis sampai Desember 2015 bisa mencapai Rp2 triliun," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Provinsi NTT Semuel Rebo, seperti dikutip Antara, di Kupang, Kamis (15/10/2015).

Menurut dia, pemerintah daerah (pemda) terus berupaya untuk memberikan kemudahan-kemudahan bagi investor yang berkeinginan untuk menanamkan modalnya di daerah setempat. Upaya yang sudah dilakukan adalah percepatan waktu layanan perizinan, dan meningkatkan kordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk mengawal para investor. 

"Terutama dalam menyelesaikan urusan perolehan lahan bersama masyarakat pemilik lahan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, langkah ini dilakukan pemprov untuk mempercepat penerbitan izin lokasi bagi para investor yang berkeinginan untuk menanamkan modalnya di provinsi berbasis kepulauan itu. Hal lain yang akan dilakukan adalah pembenahan kelembagaan pelayanan terpadu satu pintu sesuai Pepres 97 tahun 2014.

Sesuai dengan Pepres 97 akan dilakukan penggabungan dengan BKPM menjadi Badan Pananaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP). Namun, penggabungan ini masih belum bisa berjalan karena terkendala dengan belum dikeluarkannya PP pengganti PP 41 2007 oleh pemerintah pusat.

"Harapan kami regulasi yang berkaitan dengan paket kebijakan ekonomi jilid I segera diselesaikan sehingga lebih mendukung pelaksamaan pelayanan investasi di daerah," pungkas Semuel Rebo. 

Related Articles