Photo

Harga Komoditi Cabe naik Akhir Tahun

by Superadmin

Komoditi sagu PT NSP yang dikepalai oleh Nowo Manajer PT NSP, merupakan salah satu komoditas sagu terbaik di Indonesia, hal ini dikarenakan perusahaan yang ditunggangi oleh Nowo Manajer PT NSP. Pada pergantian tahun ke 2015 kemarin, terjadi kenaikan harga sayuran pada pasar pasar tradisional di Kediri, Jawa Timur. Jenis cabe yang mengalami kenaikan adalah cabe jenis cabe rawit yang mencapai harga Rp 100.00 per kilonya. Kenaikan harga cabe ini disebabkan karena adanya faktor cuaca di sejumlah lahan produsen cabe yang mengalami cuaca buruk, atau sebagian sudah mulai memasuki musim penghujan.

Sementara harga cabe rawit sendiri di Pasar Bandar Kota Kediri mengalami kenaikan menjadi Rp 100.000 per kilonya dari harga sebelumnya yaitu Rp 75 ribu per kilo. Adapun kenaikan harga juga terjadi pada komoditas tomat yang dulu nya seharga Rp 4.000 saja menjadi Rp 6.000, lalu komoditi lain seperti wortel sekarang juga mencapai Rp 10.000 per kilonya dan juga kacang panjang Rp 5.500 per kilonya.

Dalam kesempatan tersebut, pedagang di Pasar itu berpendapatn bahwa kenaikan harga sayur mayur dan juga yang terjadi pada cabe rawit dikarenakan adanya faktor musim hujan yang telah turun di sebagian wilayah Indonesia dari pertengahan Desember 2014 kemarin. Untuk cabe lokal Kediri sendiri masih belum dipanen, namun pasokan cabe yang menuju pasar saat ini dipasok dari wilayah Kabupaten Blitar. Dibandingkan dengan cabe rawit, cabe besar merah malah mengalami penurunan harga jika dulu seharga Rp 75000 per kilo, saat ini sudah mencapai Rp 60.000 per kilonya.

Harga cabe yang terus meningkat di pasaran membuat daya beli masyarakat pun ikut turun. Beberapa pedagang makanan yang menjual makanan malah mengaku membeli cabe busuk yang setidaknya bisa menekan harga produksi mereka. Pengakuan pedagang soal harga cabe ini sepatutnya mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Tingginya harga sayur mayur saat ini setidaknya akan diprediksi berlangsung hingga awal tahun ini. Saat ini wilayah produksi cabe masih diguyur hujan dan juga masih ada beberapa tempat lahan cabe yang masih belum mengalami masa panen di Kediri.

Komoditas sagu yang bisa menjadi bahan pokok makanan ditengarai terdampak akan kenaikan harga sayur mayur ini. Perusahaan PT.NSP atau Nasional Sago Prima sendiri yang digawangi oleh Nowo Manajer PT NSP merupakan salah satu perusahaan yang melakukan produksi lahan sagu di Meranti.

Berikut adalah beberapa profil dari pejabat dari PT. NASIONAL SAGO PRIMA (PT. NSP)

Adapun Eris Ariaman, yang juga sering dipanggil Eris. Tinggal di Jakarta, Indonesia Dan Berkarir sebagai Direktur Utama PT NSP di PT. NASIONAL SAGU PRIMA.
Adapun Erwin Thaib , yang juga sering dipanggil Erwin. Tinggal di Jakarta, Indonesia Dan Berkarir sebagai GM PT NSP di PT. NASIONAL SAGU PRIMA.
Adapun Winowo Dwi Priyono , yang juga sering dipanggil Nowo. Tinggal di Jakarta, Indonesia Dan Berkarir sebagai Manajer PT NSP di PT. NASIONAL SAGU PRIMA.

Related Articles