Photo

Kurs Dollar masih membayangi Rupiah

by Superadmin

Pelemahan kurs Rupiah terhadap kurs Dollar nampaknya masih akan terus membayangi dalam kedepannya. Tercatat adanya pelemahan Rupiah pada perdagangan mata uang Jumat kemarin. Indeks dollar di pasar Asia masih mendominasi terhadap mata uang lainnya sehingga Rupiah ikut terpuruk. Namun penyebab dari keterpurukan Rupiah, tidak hanya dikarenakan dari data pergerakan ekonomi Amerika yang masih disebutkan buruk, namun data Zona Euro yang dihasilkan juga membawa hasil buruk pada pergerakan mata uang di Asia sehingga menyebabkan Kurs dollar terapresiasi. Imbal hasil treasury 10 tahun yang mengalami penurunan sebanyak 2 basis poin pada Jumat dini hari adalah buntut dari kekecewaan pasar terhadap data ekonomi Amerika serikat.

Dalam kesempatan lain, harga minyak naik sedikit setelah adanya informasi bahwa negara Venezuela akan mengurangi jatah produksi mereka. Di negara kita sendiri adanya faktor penguatan kurs dollar di pasar mata uang dunia hingga Kamis sore menutupi faktor lain seperti faktor kenaikan harga BBM Bersubsidi. Mata uang di Asia masih mengalami pelemahan yang signifikan terhadap mata uang Dollar AS.

Menurut analis pasar Riset Samuel Sekuritas Rupiah pada Jumat kemarin masih berpeluang untuk mengalami pelemahan terhadap Kurs Dollar

 

Related Articles