Photo

Cara Bermain Saham Khusus Pemula

by Superadmin

Sebagian besar dari anda meskipun pemula mungkin sudah banyak yang mengetahui apa itu main saham, namun pernahkah anda berfikir bagaimana cara agar anda memiliki keuntungan dari bermain saham di pasar bursa saham? Ya, tentu saja dengan banyak belajar belajar dan belajar. Banyak sekali testimonial dari para pebisnis yang sudah berhasil dan banyak berpengalaman dalam bidang saham juga mereka mendapatkan kesuksesan dari apa yang telah mereka tanamkan di pasar saham. Namun jika anda masih pemula, apakah anda memiliki sebuah tekad keberanian yang kuat sehingga anda mampu menerima segala macam konsekuensi yang terjadi ketika anda mulai memutuskan untuk main saham? Jika anda sudah benar benar yakin, maka anda wajib mengikuti bahasan ini sampai habis.

Investasi uang di Pasar Saham

Menginvestasikan uang anda di pasar saham benar benar dapat menambah penghasilan anda ketimbang anda menunggu bunga atau mendepositokan uang anda di bank yang tentu saja memiliki rate yang sudah teratur dan tentunya sangat kecil. Anda juga bisa melakukan investasi dalam bidang obligasi tapi itu tentu saja tidak akan sanggup mengalahkan jika anda ingin berinvestasi main saham. Tetapi dibalik keuntungan yang memang besar, tersimpan juga kesempatan untuk merugi yang bahkan jauh lebih besar. Peringatan ini sudah beberapa kali saya ingatkan diatas juga bagi anda yang memang sudah memiliki tekad kuat untuk bermain di pasar saham. Tetapi karena resiko yang besar ini tentu saja anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika memang anda serius menjalankannya.

Mungkin sebagian dari anda berpikir bahwa jika anda menginvestasikan pada aset yang resikonya besar, maka pendapatan yang anda peroleh dari sana pun akan kecil, hal itu sepenuhnya salah. Karena dari prinsip ekonomi anda akan selalu mendapatkan kalimat seperti ini :

“The higher risk, there must be higher profit and lower risk lower profit.

Jika anda menyadari hal ini pada saat anda melihat suku bunga deposito yang rendah, tentu anda akan juga akan menyadari bahwa resiko dari deposito sendiri memang sangat rendah, sehingga banyak orang yang menginvestasikan dananya di deposito.

Langkah utama bermain saham menguntungkan

Jadi sampai saat ini anda sudah mengetahui bahwa pada dasarnya bermain saham adalah kegiatan yang sangat menguntungkan dan tidak dipungkiri bisa membuat anda kaya sekejap jika anda benar benar serius menekuninya. Lalu jika anda mendapati setelah bermain saham nanti, keuntungan anda ternyata lebih kecil dari deposito anda, maka anda wajib mengevaluasi lagi cara bermain saham anda. Karena kemungkinan sudah terjadi kesalahan prosedur atau yang biasa disebut dengan “salah strategi” , dan anda bisa dikatakan sudah gagal dalam bermain saham. Namun jangan berkecil hati dulu, kegagalan adalah salah satu jalan menuju kesuksesan bukan? Maka dari itu bagi anda yang pemula dalam bermain saham, anda perlu mencermati cara bermain saham yang profit dan menguntungkan seperti dibawah ini :

  1. Tetapkan sebuah keinginan untuk selalu profit baik itu dalam kondisi anda sedang bermain saham, ataupun ketika anda sedang menjalankan bisnis lain, karena pikiran positif dapat memberikan anda petunjuk dan jalan yang tidak terduga ketika anda mendapati kesulitan ditengah kegiatan bisnis. Dalam hal bermain saham, keinginan ini dapat diwujudkan dengan bertanya kepada ahli saham, orang orang yang sukses dalam bermain saham, dan juga keinginan untuk selalu belajar. Jika anda memang takut dari awal seperti ini, alangkah lebih baik anda segera mengalihkan investasi anda kepada objek lain yaitu seperti Reksadana.
  2. No pain, no gain, itu adalah salah satu istilah yang juga sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, namun prinsip tersebut tidaklah perlu anda lakukan ketika masih pemula. Ketika anda baru saja mulai main saham, sebaiknya kami sarankan anda untuk bermain dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu. Jika anda bermodalkan nekat saja, maka percayalah anda akan merasa sangat sakit dan menderita ketika modal nekat dan modal uang anda tiba tiba lenyap habis tak tersisa ketika anda salah menerapkan strategi dalam bermain saham. Dengan menerapkan jumlah biaya investasi yang kecil, maka anda akan mulai bermain sedikit demi sedikit, jika anda sudah memperoleh keuntungan dari investasi yang kecil itu dan merasa nyaman serta percaya diri, anda boleh sedikit demi sedikit menambahkan investasi tersebut ke level yang tinggi lagi, sampai dimana anda merasa yakin bahwa anda sudah mampu dalam mengatasi segala resiko dan tantangan yang dihadapi. Para pemain saham yang sudah berpengalaman pun menerapkan hal ini jadi anda sudah selangkah dalam menjadi seorang pemain saham perpengalaman. Tetapi anda juga tidak boleh terlalu terlena dengan keuntungan yang sudah anda dapatkan, selalu tanamkan dalam diri anda bahwa semua uang bisa saja habis di kemudian hari sehingga anda tidak bisa mendapatkannya kembali. Anda juga harus sangat menyadari bahwa bermain di pasar saham adalah sebuah resiko yang tinggi, faktor yang bisa membuat anda merugi ada dimana-mana bahkan kondisi politik dapat menerjun bebaskan apa yang sudah anda investasikan, untuk itu sebagai seorang pemain saham yang baik, anda juga bisa mulai mencari tahu kondisi perekonomian di seluruh dunia terutama kondisi negara kita Indonesia. Jadi pada intinya anda wajib mengetahui bahwa uang yang telah anda investasikan bisa habis dengan berbagai sebab, salah satunya adalah seperti yang disebutkan diatas.

Dari 2 poin penjelasan diatas, dapat anda ketahui bahwa hal tersebut merupakan salah satu cara yang bisa anda terapkan ketika saat anda memulai dalam menginvestasikan dana anda di pasar saham. Dari cara cara yang umum diatas, masih dapat anda pergunakan lagi teknik lain dalam bermain saham seperti dibawah ini :

1. Perhatikan laju perekonomian, anda bisa perkirakan pertumbuhan ekonomi di Indonesia

Ketika anda sedang bermain saham, anda bisa memperhatikan berbagai aspek yang bisa mengubah nilai investasi anda dan juga investasi lainnya di apsar saham. Dalam laju pertumbuhan ekonomi, dikenal dengan 2 arah yaitu boom dan depresi. Jika anda sudah mengetahui bahwa kondisi pasar domestik sedang membaik dan cenderung mengalami peningkatan, anda bisa segera masuk dan mendaftarkan investasi anda. Namun jika anda mendapati bahwa keadaan nasional sedang kearah yang negatif, maka anda wajib mewaspadai segera dan jika perlu anda bisa segera keluar dari perdagangan saham, karena indikasi tersebut mengisyaratkan bahwa saham saham bisa segera collapse.

2. Seleksi industri yang akan anda pilih

Dalam bermain saham tentunya anda bisa memilih berbagai macam industri yang bisa anda tanamkan modalnya disana. Jika anda adalah seorang penggemar gadget, maka anda bisa mengalihkan perhatian anda kepada industri industri teknologi yang sedang berkembang di Indonesia, pelajari sejarah dari perusahaan tersebut dan juga anda bisa menanyakan pendapat kepada para ahli mengenai permasalahan dari industri tersebut.

3. Diantara pilihan pasti ada yang terbaik

Dalam hal pemilihan saham pasti anda juga dihadapkan kepada pilihan, untuk itu anda bisa mencermati saham mana saja yang bisa membuat anda tertarik dan anda tanamkan modalnya. Dalam hal ini anda harus mempelajari track record dari perusahaan yang anda telah pilih tersebut. Sehingga anda bisa memilih dari yang terbaik.

OK, sampai disini dulu sementara bagaimana cara bermain saham khusus pemula. Ingat, cara ini hanya berlaku bagi anda yang memang serius mau belajar dan mengerti apa itu bermain saham secara fundamental, bagi anda yang sudah mahir, tentu saja anda bisa berkesempatan mengajarkan kepada mereka yang membutuhkan pengetahuan ini. Akhir kata, salam sukses dan stay profit !

Related Articles