Photo

Cadangan Devisa Aman meski Aksi Beli Dolar Besar-Besaran

by Superadmin

Harga mata uang dollar yang mengalami penurunan rupanya meningkatkan daya tarik untuk melakukan aksi beli dolar besar-besaran. Bank Indonesia atau BI menduga bahwa cadangan devisa atau yang biasa disingkat dengan cadev bulan September 2014 kemarin memiliki nilai yang sama dengan cadev Agustus lalu. Cadangan Devisa yang tercatat pada akhir Agustus 2014 mengalami lonjakan kenaikan senilai USD700 Juta, atau totalnya adalah menjadi USD111,2 Miliar jika dibandingkan dengan periode Juli yang memiliki nilai USD 110,5 Miliar.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengungkapkan bahwa cadev di Bulan September masih memiliki rasio yang relatif sama. Cadangan devisa ini diperkirakan sama pada bulan Agustus lalu meski pada akhir September 2014 kemarin ada sedikit tekanan borong dolar AS besar-besaran karena selain harga mata uang dollar yang murah terdapat juga alasan seperti adanya pembayaran utang luar negeri dan juga dana yang keluar dari Indonesia.

Menurutnya cadangan devisa masih dalam jumlah yang normal dan sama seperti periode sebelumnya, namun Agus tidak bisa menjelaskannya secara lebih detail.

“Peningkatan adanya cadangan devisa ini pertama kali berasal dari penerimaan devisa dari aktifitas ekspor migas yang dilakukan pemerintah ternyata melebih pengeluaran untuk membayar utang luar negeri pemerintah” menurut Tirta Segara, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI).

Jadi dapat diketahui bahwa proses pembelian mata uang Dollar AS dikarenakan harga mata uang Dollar sedang melemah dan adanya beberapa alasan lainnya. Menurut beberapa analis nampaknya akan terjadi kenaikan pada mata uang dollar yang berimbas harga mata uang Dollar Oktober akan mengalami kenaikan. Untuk harga dollar November 2014 akan mengikuti perkembangan laporan ekonomi dari Amerika Serikat nantinya.

Related Articles