Photo

Trik Hadapi Kenaikan BBM: Jangan Sering Jajan

by Superadmin

Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi tentu saja akan memberikan efek domino bagi harga barang-barang lainnya. Pasalnya, kenaikan tersebut akan merembet kepada harga-harga bahan pokok.

Perencana keuangan, Freddy Pieloor, mengatakan kenaikan harga BBM akan memberikan pengaruh paling besar terhadap harga bahan makanan. Oleh karenanya, dia menyarankan untuk masyarakat mengurangi konsumtif makanan.

Saya percaya yang naik nantinya pasti bahan makanan, jadi ya perilaku konsumtif seperti jajan-jajan makanan yang tidak penting ya dikurangi. Terus juga kalau biasanya makan siang itu beli di luar, sekarang bawa bekal dari rumah, hal-hal seperti itu walaupun kecil nantinya akan terasa penghematannya.

Dia mengatakan, penghematan juga bisa dilakukan dengan tidak membeli barang-barang yang tidak terlalu diperlukan, dan mengurangi biaya-biaya yang masih bisa dikurangi.

Gaya hidup konsumtif juga kalau bisa dihilangkan, mengurangi biaya-biaya yang bisa dihilangkan yang tidak terlalu perlu, seperti berlangganan tv kabel misalnya, atau berlangganan hal-hal lain yang sifatnya masih bisa dihilangkan," jelasnya.

Menurutnya, masyarakat lama kelamaan akan bisa beradaptasi dengan sistem penghematan yang mereka lakukan. "Saya percaya masyarakat Indonesia ini cukup pintar dalam menyesuaikan diri, pastinya masyarakat bisa terbiasa dengan sendirinya.

Related Articles