Photo

Pilpres, BI & Pasar Saham Libur

by Superadmin

Indonesia akan mengadakan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 pada 9 Juli. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) tidak akan beroperasi pada tanggal yang ditentukan tersebut.

Langkah ini, dilakukan seiring peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 4 Tahun 2014 pada 3 Maret 2014.

Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014, Bank Indonesia menetapkan hari Rabu, 9 Juli 2014, atau hari dan tanggal lain yang ditetapkan oleh KPU, sebagai hari libur bagi BI," jelas pengumuman tersebut.
 
Adapun kegiatan operasional yang diliburkan, mencakup layanan kas, sistem pembayaran seperti sistem kliring nasional dan BI Real Time Gross Settlement (RTGS), BI Scripless Securities Settlement System, dan operasi moneter Rupiah dan valuta asing ditiadakan.

Apabila Komisi Pemilihan Umum menetapkan pelaksanaan Pemilu putaran II, maka jadwal pelaksanaan Pemilu dimaksud yaitu Selasa, 9 September 2014 juga akan ditetapkan sebagai hari libur bagi BI," tukas dia.

Selain itu, mengacu kepada kalender libur bursa, Bursa Efek Indonesia (BEI) juga menyatakan jika hari tersebut adalah libur. Artinya, semua kegiatan transaksi efek juga ditiadakan.

Related Articles