Photo

Rupiah Melemah, Astra Jamin Harga Mobil & Motor Tetap

by Superadmin

Pergerakan liar Rupiah dalam seminggu terakhir telah memaksa para perusahaan memutar otak. Pasalnya, banyak perusahaan yang harus melakukan impor bahan baku untuk produknya.
Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) Prijono Sugiarto menyebutkan, pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), tidak membuat harga jual mobil dan motor terpengaruh secara langsung.
Kenaikan harga dari tahun lalu sudah, tapi kan ada batasnya. Tidak bisa Rupiah melemah, lalu kita naikkan harga, tidak begitu," jelas dia di Jakarta.
Selain itu, dia mengatakan 85 persen komponen yang terpasang pada kendaraan roda empat adalah komponen lokal, meskipun bahan bakunya impor. "Sedangkan pada sepeda motor 95 persen komponen yang terpasang itu lokal, jadi tidak perlu dolar AS naik lantas harga langsung naik," tukasnya.
Sedangkan untuk market share otomotif tahun ini akan ditargetkan di level 50-53 persen. Hal itu mengingat pengalaman Perseroan di bidang otomotif yang sudah cukup lama. "50-53 persen, sudah bertahun-tahun market share kita di angka itu karena kami punya empat merek," ucapnya
Dia melanjutkan, market share untuk roda empat diperkirakan dapat mencapai 1,2-1,3 juta unit. Sedangkan untuk motor sekitar 8 juta unit. "Market share Astra harapannya pada Honda sebesar 61-62 persen," sebutnya.

Related Articles