Photo

Dibuka Melemah, Rupiah Masih Belum Tembus Rp12.000/USD

by Superadmin

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dalam perdagangan hari ini masih berada dalam tekanan. Namun, Rupiah masih bisa bertahan dan belum menembus level Rp12.000 per USD.
 Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) dibuka melemah tipis ke Rp11.943 per USD dari penutupan kemarin Rp11.935 per USD. Adapun pergerakan Rupiah pagi ini berada dalam kisaran Rp11.943-Rp11.976 per USD.
Dolar AS diperdagangkan menuju level terlemah dalam satu bulan terhadap beberapa mata utama patokan. Volatilitas mata uang jatuh ke rekor terendah karena prospek ekonomi AS yang lesu, ditandai dengan langkah the Federal Reserve mempertahankan suku bunga mendekati nol lebih lama.
Para ekonom dalam jajak pendapat Bloomberg memprediksi Departemen Perdagangan akan merilis produk domestik bruto turun 1,7 persen di kuartal pertama, lebih tinggi dari yang dilaporkan sebelumnya minus 1 persen, dan kontraksi pertama sejak tiga bulan yang sama di 2011.
Pejabat Fed telah mempertahankan suku bunga federal fund pada 0-0,25 persen sejak 2008 dan ada kemungkinan 93 persen Gubernur the Fed Janet Yellen akan tetap mempertahankan suku bunga rendah hingga akhir tahun ini. Di Eropa, indeks kepercayaan konsumen kemungkinan naik menjadi minus 6,5 pada Juni, tertinggi sejak September 2007 dan bulan lalu sebesar minus 7,1.

Related Articles