Photo

Makin Terpuruk, Rupiah Dibuka Dekati Level Rp12.000/USD

by Superadmin

Banyaknya sentimen negatif dari luar negeri membuat nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin terpuruk. Rupiah pada pagi ini dibuka melemah ke level Rp11.962 per USD.
Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) melemah 93 poin atau setara dengan 0,79 persen menjadi Rp11.986 per USD. Pagi ini, Rupiah bergerak di kisaran Rp11.920-Rp11.986 per USD.
Melemahnya Rupiah, disebabkan lantaran Indeks Harga Konsumen (IHK) di AS menunjukkan adanya inflasi sebesar 0,4 persen. Adanya inflasi ini, membuat dolar AS menguat terhadap beberapa mata uang utama. Pasalnya, inflasi yang tinggi diperkirakan seiring dengan menguatnya pertumbuhan ekonomi.
The Bloomberg Dollar Index Spot ditutup pada level tertinggi dalam seminggu kemarin, setelah inflasi AS lebih tinggi dari perkiraan. Sementara yen Jepang berada di dekat level terendah satu minggu, setelah sebuah laporan menunjukkan ekspor Jepang turun untuk pertama kalinya dalam 15 bulan.
Di sisi lain, kerusuhan di Irak telah mendongkrak harga minyak mentah. Akibatnya, para investor lebih memilih melarikan dananya ke aset safe haven, dan dolar AS pun menjadi pilihan utama.
 

Related Articles