Photo

BI Dukung Pengembangan Uang Elektronik di Kereta

by Superadmin

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter line bekerja sama dengan tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk sistem pembayaran. Dengan demikian, maka pembayaran yang dilakukan tidak perlu lagi menggunakan uang fisik, tapi bisa dengan uang elektronik.

Direktur Eksekutif Departemen pengawasan sistem pembayaran Bank Indonesia (BI), Rosmaya Hadi, menyambut baik kerjasama yang dilakukan BUMN yang baru saja meresmikan E-ticketing untuk pembayaran transaksi commuterline Jabodetabek.

Tujuan efisiensi bank sudah mulai tereintegrasi, tidak hanya Transjakarta tapi juga commuter line menggunakan e-ticketing, saya menyambut gembira.

Menurutnya, dari sisi transportasi, kecepatan infrastruktur sangat diperlukan, terlebih lagi tahun depan sudah memasuki masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). "Saya kira dalam sistem pembayaran juga dituntut segi teknologinya, saya gembira semua sekarang menggunakan non-cash," paparnya.

Rosmaya berharap bank dapat berperan serta dalam mengefisieni sistem pembayaran dan mengurangi ego bisnisnya. "Karena BI saat ini sedang mempush 'less cash society' di sektor transportasi yang menggunakan uang pecahan kecil, kalau bisa menggunankan non cash," katanya.

Mulai bulan September BI akan menyosialisasikan 'less cash society' lewat kampus- kampus di beberapa wilayah, seperti Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Makasar dan Banjarmasin.

Kita masuk ke wilayah transportasi, diharapkan semua wilayah Indonesia, untuk transportasi yang pakai pecahan uang kecil berpindah dari cash dan non cash, jadi dari regulator juga tidak usah mencetak uang secara banyak untuk yang pecahan kecil.

Related Articles