Photo

Tahun Depan, BRI Niat "Jajah" ASEAN

by Superadmin

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tengah melakukan penjajakan untuk melakukan ekspansi di ASEAN.

Sebenarnya penjajakan sedang kita lakukan, artinya studi-studi sudah kita lakukan cuma kita masih terbentur dengan aturan-aturan yang cukup ketat," kata Dirut Keuangan BRI Ahmad Baiquni di MNC Tower.

Dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), menurutnya yang perlu diperhatikan justru kesiapan negara itu sendiri.

Justru konsolidasi di dalam negeri ini jauh lebih penting, jangan sampai kita sendiri tidak siap dalam bersaing dengan bank-bank asing yang masuk ke sini," jelasnya.

Jika hal utama tersebut sudah bisa dilakukan, baru langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana caranya mengembangkan perusahaan di luar Indonesia.

Sebenarnya rencana ini sudah kita siapkan dari tahun-tahun yang lalu tapi perizinan itu tidak mudah. Kita ada rencana buka di beberapa negara tapi kita liat aturan-aturannya juga cukup ketat, ini yang menyebabkan kita juga enggak secepat itu, ya kita bisa melakukan ekspansi," tambahnya.

Rencananya BRI akan melirik negara-negara yang kondisi ekonominya mirip seperti Indonesia. "BRI ini kan menonjol di UMKM-nya, tentunya kita lihat negara-negara yang kondisi ekonominya seperti indonesia, antara lain Vietnam, Myanmar, Filipina dan Thailand. Itu sebenarnya merupakan market yang sangat potensial untuk indonesia," tuturnya.

Target tersebut nampaknya belum bisa terealisasi tahun ini. BRI setidaknya mematok waktu hingga 2015. Kalau tahun ini rasanya sih enggak ya, tahun depan lah ya 2015," pungkasnya.

Related Articles