Photo

Hindari Skimming, Semua Bank Wajib Gunakan Chip di 2016

by Superadmin

Kasus kejahatan skimming yang menimpa salah satu bank terbesar PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) sempat meresahkan masyarakat. Teknologi yang semakin canggih membuat aksi pembobolan dana nasabah menjadi semakin beragam.
Menanggapi kejadian tersebut, Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan, pola yang dilakukan para pelaku adalah sama, yaitu pencurian melalui data atau pin nasabah. Untuk itu, BI mengimbau penggunaan chip.
Sebenarnya kalu dicermati polanya kan lama, mencuri data, mencuri pin, dipake dari luar, pada 2010 itu juga terjadi, BI itu tidak mau mundur lagi, akhir 2015 semua harus sudah migrasi ke chip," katanya di Gedung BI, Jakarta.
Ronald menambahkan, BI akan fokus terhadap beberapa terutama menghadapi kasus skimming seperti ini. Maka pada 1 januari 2016 semua bank sudah menggunakan chip.
Kita akan fokus, pertama kalau sudah pake chip, sama seperti kartu kredit, pencurian data jadi lebih minim," paparnya.
Selanjutnya, BI akan memeriksa managemen bank karena kewenangan sistem pembayaran masih dipegang BI walaupun pelaku penyelenggaranya bank.
Yang ketiga range manajemen bank juga harus ditingkatkan, misalnya yang terjadi kemarin di Bank Mandiri cepat kan, mereka nge-block berapa kartu yang berpotensi terkena, berapa kartu yang sudah dipakai," tambahnya

Related Articles