Photo

Hari Ini, Hatta Serahkan Komando Ekonomi ke CT

by Superadmin

Hari ini akan diadakan proses serah terima jabatan (sertijab) Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian. Hatta Rajasa akan menyerahkan jabatan Menko Perekonomian kepada Chairul Tanjung.

Diagendakan proses Sertijab tersebut akan dilakukan di Kementerian Kordinator Perekonomian yang bertempat di Gedung Graha Sawala pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menunjuk Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung sebagai pengganti  Hatta Rajasa di posisi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Saya mengambil keputusan mengangkat CT sebagai menko baru, saya lihat beliau memiliki kecakapan, komitmen untuk mendorong ekonomi," ujar SBY.

Mundurnya Hatta dikarenakan dirinya resmi mendampingi Prabowo Subianto di Pemilu Presiden 2014. Berdasarkan peraturan yang berlaku, pejabat negara, menteri yang ikut serta di dalam pemilihan presiden dan wakil presiden, harus mengajukan permohonan mengundurkan diri dan mendapatkan izin dari presiden.

Dalam Pasal 6 Undang-Undang Nomor 42 tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden disebutkan, pejabat negara atau menteri aktif harus mundur bila mencalonkan presiden atau wakil presiden.

Related Articles