Photo

Mendag Sudah Siap Umumkan HPP Gula

by Superadmin

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akhirnya mengambil sikap tegas mengenai waktu penetapan penerapan harga patokan gula atau harga pokok penjualan (HPP) pada 2014 ditingkatkan. Di mana, Kemendag akan mengumumkan pada Mei 2014.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfhi mengaku, dirinya sudah sangat siap untuk mengumumkan saat ini. Namun, dengan belum siapnya Asosiasi Pengusaha Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) membuat dirinya mengundur untuk mengumumkan HPP gula.

Saya sebenarnya sudah siap mengumumkan HPP gula tapi APTRI minta seminggu lagi. Saya ingin semua stakeholder siap, dan mengerti ke mana akan dikeluarkan harganya," kata Lutfhi di Kantornya, Jakarta.

Belum siapnya APTRI, kata Lutfi, lantaran belum bisa menerimanya asosiasi tersebut mengenai hitung-hitungan yang telah dikerjakan Kementerian Perdagangan.

Saya kan punya hitungan, alasannya mungkin masih belum berkenan. Tapi kalau saya sudah konfirmasi, ini adalah hasil kesepakatan saya dengan dewan gula, dan stake holder," tambahnya.

Lutfhi mengungkapkan, dirinya menyadari pada bulan-bulan ini merupakan bulan sudah masuk pada masa penggilingan. Dengan begitu, HPP gula ini harus segera di umumkan atau diputuskan. Namun, dirinya masih mengerti aksi permintaan pengunduran waktu memutuskan yang dilakukan oleh APTRI.

Bukan soal harganya, ini kan hasil kesepakatan dengan dewan gula. Katanya dewan gula mengatakan antara Mendag dan Mentan jarang bicara tapi sekarang gak gitu lagi.

Related Articles