Photo

Akuisisi BTN-Mandiri Tak Masalah, Asal..

by Superadmin

Rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) oleh PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dinilai telah dipolitisasi oleh sejumlah pihak dengan kepentingan tertentu. Padahal akuisisi tersebut tidak masalah sepanjang prosesnya transparan dan akuntabel.

Transparansi dan tata kelola yang baik menjadi syarat utama. Akuisisi tidak masalah," ujar anggota Komisi XI DPR Arif Budimanta dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (28/4/2014).

Sejumlah manuver politik dilakukan oleh sejumlah pihak menyikapi rencana akuisisi tersebut. Bentuknya antara lain berupa aksi massa yang dikaitkan dengan momen pemilu presiden.

Menurut Arif, hal semacam itu kontraproduktif dan justru merugikan baik BTN maupun Bank Mandiri sebagai perusahaan publik. "Nantinya akan menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat. Jangan kaitkan dengan kontes politik," ujarnya.

Sementara, pengamat ekonomi perbankan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Zakir Mahmud menilai, akuisisi BTN oleh Mandiri akan memperkuat struktur perbankan di Indonesia.

Jika struktur perbankan kita kuat maka bank di Indonesia akan mampu bersaing, bukan hanya dengan bank-bank asing yang beroperasi di Tanah Air melainkan juga di tingkat regional.

Related Articles