Photo

Daftar Kejanggalan Wacana Akuisisi BTN

by Superadmin

Wacana akuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) oleh sesama bank BUMN, yaitu PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dinilai memiliki banyak kejanggalan.

Anggota Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengungkapkan, beberapa kejanggalan yang ada selama ini adalah bahwa penggantian direksi BTN dengan menghadirkan dua direksi baru dari Bank Mandiri, dilakukan sebelum surat rencana akusisi dikeluarkan.

Dengan demikian saat ini terdapat tiga orang direksi eks Bank Mandiri di BTN. "Di mana sebelumnya Meneg BUMN berkomentar belum berencana untuk melakukan akusisi BTN.

Menurutnya, ada tekanan dari pihak lain kepada direksi BTN sehingga sampai saat ini tidak ada upaya dari direksi BTN untuk melakukan perlawanan. Namun demikian aksi penolakan keras justru terjadi dari para karyawan Bank dengan pangsa pasar KPR rumah tersebut. Hal yang berbeda dilakukan oleh para direksi BTN sebelumnya.

Dan yang lucunya, rencana akusisi bertepatan sebelum pilpres. Ada apa sebenarnya? Karena bila dilihat rapor BTN saat ini tidaklah buruk sehingga tidak ada urgensinya mengakuisisi BTN. Dan apakah Bank Mandiri merupakan satu-satunya bank yang berhak mengakuisisi BTN?" jelas Ali.

Beberapa alasan yang dilontarkan pemerintah dan Menteri BUMN Dahlan Iskan memperlihatan dalam posisi mencari-cari dan mengada-ada.

Related Articles