Photo

Harga Ikan di Aceh Anjlok Sepekan Terakhir

by Superadmin

Melimpahnya hasil tangkapan nelayan mempengaruhi murahnya harga ikan di pasaran Bireuen dan sekitarnya. Bila sebelumnya satu kilogram tongkol dihargai Rp 15.000, saat ini bisa diperoleh Rp 7.000 saja.
Selain ikan tongkol, beberapa jenis ikan lainnya juga turun harga. Antara lain ikan pilok, ikan gembung maupun ikan bandeng. Harga turun hampir mencapai dua kali lipatnya dalam sepekan terakhir.
Anas, seorang pedagang ikan di Komplek Pasar Ikan Bireuen, mengatakan, murahnya harga ikan terutama ikan tongkol mempengaruhi pendapatan nelayan dan pedagang selama beberapa hari terakhir. Selain itu, murahnya harga mendorong masyarakat lebih banyak mengonsumsi ikan.
Apalagi minggu lalu banyak caleg yang menggelar syukuran sebelum pemilihan, menu ikan tongkol bakar jadi pilihan karena murah,” sebutnya.
Anas mengaku, murahnya harga ikan ini dipengaruhi hasil tangkapan nelayan sedang melimpah. Rukmini, seorang IRT asal Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Kamis (10/4), mengatakan murahnya harga ikat menarik minatnya untuk membeli dalam jumlah besar dan bervariasi.
Biasanya saya ke pasar beli ikan semacam dan terbatas karena harganya mahal, tapi seminggu belakangan bisa borong sampai tiga jenis dalam jumlah banyak.

Related Articles