Photo

Transfer Uang Bisa Lewat Ponsel

by Superadmin

Bank ini melakukan terobosan dengan meluncurkan transfer uang antarnomor ponsel tanpa perlu rekening bank. Sehingga, para pengguna tak lagi harus menghafal nomor rekening bank dan dapat melakukannya dengan aman dan cepat.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Samir Gupta mengatakan, untuk merealisasikan cara belanja menggunakan Rekening Ponsel ini, CIMB Niaga melakukan kerja sama dengan sekitar 800 toko (outlet) jaringan merchant di bulan April, dan akan bertambah menjadi sekitar 1.300 outlet di bulan Mei 2014.

Menurut Samir, inovasi bertransaksi yang aman, praktis dan mudah di era teknologi yang canggih ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Terlebih lagi, dengan komposisi sekitar 50% populasi masyarakat berusia muda, dan terus meningkatnya jumlah kalangan menengah, Rekening Ponsel menjadi produk unggulan yang mampu menjawab kebutuhan gaya hidup dan tren baru transaksi perbankan.

Tak hanya itu, merchant-merchant juga memperoleh manfaat dengan menerima cara pembayaran menggunakan Rekening Ponsel.  Pasalnya, metode ini mampu menurunkan biaya merchant discount rate (MDR), mengurangi transaksi tunai dan biaya cash management, dan tentunya settlement yang lebih cepat dan aman karena dilakukan secara elektronik,” ungkap Samir dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis, (9/4/2014).
 
Upaya yang dilakukan CIMB Niaga ini, lanjut Samir, diharapkan mampu berkontribusi pada peningkatan jumlah pengguna Rekening Ponsel. Sejak diluncurkan pada Maret 2013 hingga akhir Desember 2013, pengguna Rekening Ponsel tumbuh rata-rata 68 persen per bulan dan kini memproses 1,5 juta transaksi setiap bulannya.

“Apa yang kami lakukan ini adalah bagian dari strategi CIMB Niaga untuk menjadi Bank terpercaya dengan salah satu fokus menjadi Bank Digital Terdepan (Becoming A Leading Digital Bank),” tutup Samir.

Samir menjelaskan, Rekening Ponsel siap dengan dua cara pembayaran. Hal ini bergantung pada sistem di kasir masing-masing merchant, yang dapat menerima salah satu atau kedua cara pembayaran tersebut. Pertama, pengguna tinggal memberikan nomor ponsel (Rekening Ponsel) ke kasir. Setelah kasir memasukkan nomor ponsel dan jumlah belanja di mesin electronic data capture (EDC), maka tinggal mengonfirmasi belanja dengan memasukkan PIN Rekening Ponsel di ponselnya. Transaksi selesai.

Adapun cara kedua, pengguna memberikan nomor Kupon Rekening Ponsel yang telah dibuat terlebih dahulu dengan nilai yang ditentukan sendiri sesuai saldo yang tersedia di Rekening Ponsel. Kupon dapat dibuat dengan mengirim SMS Kupon[spasi]nilai Kupon" ke 1418.  Saat membayar, pengguna tinggal memberikan nomor Kupon ke kasir untuk dimasukkan ke mesin EDC.  Sisa saldo Kupon yang tidak terpakai akan otomatis kembali ke Rekening Ponsel.

Related Articles