Photo

Pembayaran Pajak Via Bank Mandiri Rp243 Triliun

by Superadmin

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyatakan terus melakukan upaya-upaya mendukung meningkatkan penerimaan pajak nasional. Di mana, pada 2013 pembayaran pajak yang dilakukan melalui Bank Mandiri mencapai 3,6 juta transaksi dengan nilai Rp243 triliun.

Agar tetap memberikan peningkatan penerimaan pajak, upaya mendorong peningkatan penerimaan pajak pun terus dilakukan, salah satunya dengan memberikan edukasi perpajakan kepada lebih dari 100 nasabah korporasi. Kegiatan yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman korporasi tentang pajak.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok mengatakan, edukasi perpajakan sangat perlu dilakukan agar pemahaman masyarakat tentang peranan pajak untuk pembangunan semakin baik. Sebab pajak memberikan kontribusi yang dominan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Modal (APBN).

Yaitu mencapai 70-80 persen. Kami berharap, edukasi ini dapat membantu upaya negara dalam meningkatkan penerimaan pajak, sehingga Indonesia dapat berkembang ke arah yang lebih baik di masa datang," kata Fransisca dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Fransisca menyebutkan, edukasi diberikan oleh Tim Direktorat Peraturan Perpajakan I, Direktorat Peraturan Perpajakan II dan Direktorat Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Direktorat Jenderal Pajak. Adapun materi edukasi yang diberikan antara lain mengenai arah kebijakan perpajakan serta ketentuan umum perpajakan. Selain itu juga disampaikan dukungan Bank Mandiri dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak.

Untuk memudahkan pembayaran pajak, sambung Fransisca, masyarakat dapat memanfaatkan 2.050 kantor cabang bank mandiri di berbagai wilayah Indonesia. Selain itu, pembayaran pajak juga dapat dilakukan melalui billing payment menggunakan cash management system, memanfaatkan jaringan internet banking, counter dan lebih dari 12 ribu ATM Bank Mandiri, serta sarana elektronik lainnya.

Selain edukasi, Bank Mandiri juga akan melakukan sosialisasi pembayaran pajak melalui jaringan ATM dan internet banking, sehingga penyebaran pemahaman tentang perpajakan dapat lebih optimal.

Perlu sinergi berbagai pihak untuk meningkatkan penerimaan pajak, edukasi dan sosialisasi yang kami lakukan ini merupakan salah satu contoh sinergi tersebut," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Direktorat Jenderal Pajak Kismantoro Petrus mengemukakan bahwa, kegiatan edukasi ini sangat mendukung program Sosialisasi Perpajakan bagi masyarakat, terutama Badan Usaha.

Kami sangat mengapresiasi kerjasama dengan Bank Mandiri ini dan kami berharap dengan sinergi ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya pajak untuk pembangunan dapat meningkat, sehingga penerimaan pajak pun dapat tumbuh dengan baik.

Related Articles