Photo

Isu Tsunami Chile Buat Harga Lobster Naik Jadi Rp450 Ribu

by Superadmin

Nelayan di Kabupaten Tabanan, Bali tengah bersuka cita lantaran hasil tangkapan udang lobster mencapai harga puncaknya sebesar Rp459 ribu per kilogram (kg). Sekarang ini tengah musim lobster sehingga nelayan banyak menebar alat tangkap lobster seperti bubu di laut yang berjarak sekira 1 sampai 2 mil dari bibir pantai.
Menurut Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Tabanan Ketut Arsana Yasa, saat ini memang ramainya musim lobster sehingga nelayan bersuka cita melaut. Tak heran, meski sempat ada isu tsunami Chile yang diprediki menerjang perairan selatan Bali, mereka tetap bersiap melaut.
Begitu isu tsunami reda, mereka kembali melaut mengangkat bubu lobster yang sudah dipasang seminggu sebelumnya," jelas Arsana Yasa dihubungi lewat telefon, Jumat (4/4/2014).
Disebutkan, saat ini harga lobster sangat fantastis mencapai Rp450 ribu per kg. "Ini  Harga tertinggi yang pernah diterima nelayan Tabanan," tegas pria yang disapa Sadam  itu.
Malambungnya harga makanan yang disukai warga Jepang dan Asia lainnya itu, diprediksi akan bisa naik lagi. Disebutkan, pada pertengahan maret lalu harga lobster Rp400 ribu per kg. Awal April sudah naik Rp450 ribu.
Kami prediksi akhir April bisa menyentuh harga Rp500 ribu sekilonya," katanya yakin.
Disinggung soal kenaikan harga itu, selain karena faktor pasar kata Sadam juga karena pasokan dari negara lain berkurang, faktor lainnya, dipicu oleh menguatnya dolar terhadap Rupiah.

Related Articles