Photo

Rabu Pagi, Rupiah Menguat Jadi Rp11.304 per Dolar AS

by Superadmin

Nilai tukar Rupiah masih menguat di transaksi antarbank di Jakarta. Pada Rabu (2/4/2014) pagi, Rupiah menguat sembilan poin dari Rp11.313 menjadi Rp11.304 per Dolar AS.
Aksi spekulasi terhadap mata uang rupiah kembali mendorong dolar AS cenderung melemah di pasar uang domestik. Aksi spekulasi itu seiring dengan ekspektasi hasil Pemilu Legislatif nanti akan berjalan lancar dan sesuai dengan harapan pasar," kata pengamat pasar uang PT Platon Niaga Berjangka, Lukman Leong, di Jakarta.
Ia menambahkan kondisi politik yang stabil tentu akan membuat investor merasa nyaman berinvestasi. "Di sisi lain, data ekonomi Indonesia yang dirilis juga menunjukan harapan yang baik ke depannya," ujarnya.
Neraca perdagangan Indonesia pada Februari 2014 pun surplus hingga 785,3 juta Dolar AS. Itu didorong peningkatan ekspor dan inflasi Maret yang tergolong rendah yaitu 0,08 persen.
Sementara itu, analis Monex Investindo Futures Zulfirman Basir mengatakan laju Rupiah cenderung terbatas seiring dengan antisipasi investor di pasar uang. Investor waspada menjelang publikasi data tenaga kerja AS pada akhir pekan ini.
Data tenaga kerja AS itu dapat menentukan seberapa agresif kebijakan pengurangan stimulus moneter (tapering 0ff) the Fed pada tahun ini," katanya. Zulfirman memperkirakan Rupiah berada di kisaran Rp11.245 hingga Rp11.330 per Dolar AS sampai sore nanti.

Related Articles