Photo

Perkasa, Rupiah Kembali ke Kisaran 11.200

by Superadmin

Nilai tukar rupiah di pasar spot pagi hari ini, Selasa (1/4/2014) berhasil tampil perkasa. Pada pukul 08.15 WIB, nilai tukar rupiah di pasar spot berada di posisi Rp 11.268 per dollar Amerika Serikat (AS) atau menguat 0,83 persen.

Pada akhir pekan lalu, tepatnya Jumat (28/3/2014), nilai tukar rupiah ditutup pada posisi Rp 11.361 per dollar AS atau menguat dari sehari sebelumnya di posisi Rp 11.448 per dollar AS.

Sebelumnya, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo menguraikan, ada beberapa faktor yang menjadi pendorong penguatan nilai tukar rupiah. Diantaranya adalah faktor fundamental ekonomi Indonesia yang saat ini menunjukkan tren membaik.

Angka inflasi yang terjaga, turut mendorong penguatan rupiah. Selain itu, faktor teknikal serta ekonomi global turut menopang penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. "Faktor dalam negeri positif mendorong rupiah lebih kuat. Current account deficit yang baik juga menumbuhkan confidence pasar," ujar Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (28/3/2014).

Meski terus menerus mengalami penguatan, namun menurut Perry, bank sentral tidak menargetkan penguatan nilai tukar rupiah ada di level tertentu. Hal ini lantaran, BI terus menerus menjaga kebijakan stabilitas keuangan berdasarkan fundamental.

Kami tidak akan menargetkan nilai tukar, karena perkembangan rupiah sebagaimana diketahui akan tetap pada konteks kebijakan stabilitas sesuai dengan fundamental. BI akan tetap melakukan kebijakan nilai tukar yang arahnya adalah stabilisasi perkembangan nilai tukar sesuai dengan fundamentalnya. Ini yang akan kami lakukan," jelas Perry.

Related Articles