Photo

Jelang Pemilu, Penukaran Uang di Kalbar Capai Rp22,46 Miliar

by Superadmin

Penukaran uang masyarakat menjelang pemilu dilayani langsung di loket penukaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat. Per Februari 2014, tercatat jumlah penukaran uang mencapai Rp22,36 miliar.
Atau mengalami peningkatan 13,94 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, di mana penukaran uang tercatat mencapai Rp19,62 miliar," ungkap Kepala Kantor Perwakilan BI Kalbar, Hilman Tisnawan .
Jumlah penukaran uang juga tidak secara signifikan menunjukkan adanya hubungan dengan siklus Pemilu yang ditunjukkan oleh tidak terdapatnya peningkatan yang signifikan pada jumlah pelayanan uang masyarakat.
Di sisi pengedaran uang di Kalimantan Barat secara keseluruhan, jumlah uang yang diedarkan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat mencapai Rp389,34 miliar atau tumbuh 31,30 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya," paparnya.
Sementara itu dari sisi jumlah uang yang masuk ke khasanah Bank Indonesia, tercatat inflow sebesar Rp1,42 triliun, sehingga terjadi net inflow sebesar Rp1,03 triliun. Berdasarkan historisnya, posisi inflow tertinggi memang umumnya terjadi di awal tahun dan periode pasca perayaan Lebaran.
Sementara itu, jumlah uang yang diedarkan (outflow) umumnya meningkat signifikan pada perayaan Ramadan dan Lebaran serta akhir tahun.

Related Articles