Photo

Kalbar Surplus Telur 100 Ton per Hari

by Superadmin

Kalimantan Barat (Kalbar) mencatatkan kelebihan produksi untuk telur dan daging ayam. Derdasarkan data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar, ayam petelur di Kalbar ada sebanyak 3,4 juta ekor.
Setiap hari, produksi telur yang dihasilkan mencapai 100 ton. Sedangkan daya serap di Kalbar dalam satu bulan berkisar 2.400 ton. Artinya, terjadi kelebihan produksi yang biasanya dikirim ke luar daerah," ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat Abdul Manaf Mustafa kepada wartawan, Selasa (18/3/2014).
Untuk daging ayam, dijelaskan Manaf produksi sebulan mencapai 7 juta ekor namun serapan hanya 5 juta ekor. Salah satu upaya untuk mengantisipasi kelebihan produksi adalah dengan menyiapkan infrastruktur pengolahan daging ayam.
Menurutnya imbas dari kelebihan tersebut juga dirasakan oleh harga jual yang juga menurun karena stok yang berlimpah. "Break event point untuk produksi telur sebesar Rp17 ribu per kilogram. Oleh karenanya dibutuhkan industri pengolahan daging ayam untuk menampung kelebihan produksi," paparnya.
Sayangnya, diakui Manaf investasi di sektor tersebut terhambat oleh pasokan listrik yang terbatas. "Banyak investor yang akhirnya mundur karena pasokan listrik terbatas," ujar dia.
Tidak hanya itu, Manaf menambahkan biaya produksi terus menaik karena harga pakan, obat-obatan naik. Peternak juga harus membeli air bersih sebab air sungai payau akibat minimnya curah hujan.

Related Articles